Posted in Yaa Bunayya

Orangtua Seperti Apakah Kita?

Orangtua biasa, memberi tahu …

Orangtua baik, menjelaskan …

Orangtua bijak, meneladani …

Orangtua cerdas, menginspirasi … *

Jadi, sudah sampai titik manakah kita di mata anak-anak kita?

Jangan-jangan… mereka hanya melihat kita sebagai mesin ATM berjalan, atau pabrik makanan & minuman? Tukang ngomel? Tukang selfie? Tukang marah? Tukang cemasan? Tukang gosip? Tukang nonton drama? Tukang ngatur?

Jangan-jangan… anak kita justru tidak pernah bisa memandang jelas wajah kita…sebab kita selalu sibuk dengan pekerjaan kita, sebab kita selalu diperbudak oleh telepon pintar kita, sebab kita selalu menengadah ke atas, mencari-cari apa saja yang kurang yang kita tidak punya.

Jangan-jangan… anak kita seringnya merasa kesepian karena kita terlalu senang mengejar karir duniawi, mereka merasa rindu akan wajah teduh sesosok ayah dan ibu padahal mereka begitu dekat dengan kita, menghabiskan waktu sehari-hari dengan kita.

Jangan-jangan… seulas senyum saja tidak mampu kita berikan pada mereka setiap saat sebab kita hanya semangat melihat kekurangan & kesalahan mereka. Jadilah semburat amarah yang hanya bisa mereka lihat dari kita.

Atau jangan-jangan, sosok kita justru adalah yang paling dienggani oleh mereka?

Anak shalih adalah idaman setiap orangtua. Bagaimana tidak? Salah satu amalan yang tidak terputus setelah orangtua meninggal adalah do’a anak shalih. Tapi… apakah kita pantas dengan gencarnya menuntut anak menjadi shalih, sedang kita masih seperti ini?

Bukan sesal dan ratapan atas diri yang tak berkesudahan, melainkan kerja keras lah yang harus kita lakukan sehingga kita boleh meminta pada anak kita supaya mereka jadi anak yang shalih.

Semoga Allah SWT senantiasa meringankan langkah kita menuju sebaik-baiknya pribadi yang menginspirasi anak shalih kita, bahkan sehabis kita tutup usia pun. Aamiin.

Sebuah persembahan pagi dari Mamak yang kepalanya tersinari matahari yang cukup terik, menunggu antrian mobil di jalanan yang macet.


* Abah Ihsan, “Yuk, Jadi Orangtua Shalih”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s