Posted in Catatan Kajian, IIP, Kisah Mamak

The Rule of Daily Schedule

Nice Homework dari kuliah Matrikulasi IIP kali ini adalah belajar menjadi manajer keluarga handal. Hal ini akan mempermudah para bunda untuk menemukan peran hidupnya dan semoga mempermudah dalam mendampingi anak-anak menemukan peran hidupnya. Ketika dituntut untuk menjadi manajer keluarga yang “handal”, itu berarti Mama harus terlebuh dahulu menjadi manajer yang profesional untuk diri sendiri. Menjadi manajer untuk diri sendiri ini bukan tanpa halangan dan rintangan karena pada kenyataannya, ada hal-hal yang kadang mengganggu proses para bunda menemukan peran hidup. RUTINITAS.

Menjalankan pekerjaan rutin yang tidak selesai, membuat para bunda merasa sibuk sehingga kadang tidak memiliki waktu lagi untuk proses menemukan potensi diri. Nah, supaya para bunda tidak “terjerumus tipu daya” rutinitas (halah, apasih Maaaak.. bahasamuuu..!), NHW 6 mengajak para bunda untuk mengikuti beberapa tahapan untuk dilakukan sesegera mungkin.

I. Memilah aktivitas paling penting dan paling tidak penting. Untuk Mama pribadi, ada 3 yang dikategorikan “aktivitas Mama paling penting”: (1) diskusi dengan Papa, (2) beraktivitas dengan Arsyad (bermain berdasarkan lesson plan, membacakan buku, bermain bebas, berjalan-jalan di sekitar rumah, dll), (3) menulis (di blog atau menyelesaikan rancangan buku).

Sedangkan untuk aktivitas paling tidak penting, yang sayangnya sampai saat ini kadang masih Mama lakukan (Hiks.): (1) Bersosmed ria lebih dari 30 menit setiap tangan memegang HP, (2) Menonton TV, (3) Istirahat terlalu lama.

II. Mengevaluasi waktu selama ini dihabiskan lebih banyak melakukan kegiatan yang mana. Paling penting, atau tidak penting? Kadang, ada saja dalam sehari itu waktu Mama habis untuk kegiatan yang kurang penting, meskipun kegiatan yang dikategorikan “paling tidak penting” tidak sampai menyita waktu Mama. Dan, dari 3 aktivitas yang Mama anggap paling penting, baru poin no. 2 yang porsi waktunya lebih banyak.

III. Menjadikan 3 aktivitas penting menjadi “aktivitas dinamis” sehari-hari untuk memperbanyak jam terbang peran hidup (selaraskan dengan NHW sebelumnya). Jika 3 aktivitas paling penting ini diuraikan, Mama membuat daftar beberapa kegiatan yang perlu diprioritaskan:

  1. Diskusi bersama Papa mengenai segala hal dan menulis rencana-rencana/ evaluasi hasil diskusi tersebut dalam buku khusus.
  2. Membuat lesson plan bermain Arsyad per minggu.
  3. Mengeksekusi kegiatan bermain dan belajar Arsyad sesuai lesson plan.
  4. Reading time bersama Arsyad 20 menit dalam sehari.
  5. Self-reading time minimal 1 jam dalam sehari.
  6. Mendokumentasikan semua hasil belajar dalam buku khusus
  7. Menulis di blog minimal 1 post dalam seminggu.
  8. Melanjutkan rancangan buku minimal 5 halaman per minggu.

IV. Mengumpulkan aktivitas rutin menjadi satu waktu, istilahnya β€œkandang waktu”. Mematuhi cut off time ( misal jika sudah menuliskan bahwa bersih-bersih rumah itu dari jam 05.00-06.00, maka harus dipatuhi.) Jangan sampai mengijinkan agenda yang tidak terencana memenuhi jadwal waktu harian. Oleh karena itu, Mama meng-highlight daftar aktivitas rutin Mama, yaitu:

  1. Bersih-bersih pada jam 04.00 – 05.00 (jeda sholat subuh)
  2. Kegiatan di sekolah, termasuk perjalanan pergi dan pulang rata-rata jam 06.30-14.00
  3. Arsyad’s time jam 16.00-19.00 (jeda sholat magrib)
  4. Menulis, membaca, waktu belajar jam 20.00-22.00

V. Terakhir, membuat  jadwal harian yang paling mudah untuk dikerjakan. Setelah itu, mengamati selama satu minggu pertama, apakah jadwal tersebut terlaksana dengan baik atau tidak. Jika tidak, jadwalnya harus segera direvisi. Jika baik, jadwal dilanjutkan sampai 3 bulan ke depan. Mama buat jadwalnya di excel yang sudah menyediakan template daily schedule. Ciamik, deh, microsoft! πŸ˜€

Semoga Allah senantiasa memberikan Mama kekuatan untuk selalu konsisten dan berusaha melakukan lebih baik. :’)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s