Posted in Catatan Kajian, IIP, Kisah Mamak

Mission Possible

Dapet mandat mengerjakan NHW ke-8 minggu ini, tetiba jadi keingetan sama sekuel film-nya Oom Tom Cruise. Mamak nonton semua filmnya soalnya Mamak suka cerita-cerita yang bergenre action dan spy gitu. Tapi meskipun suka yaaa.. Mamak alhamdulillah ngga nonton semua filmnya di bioskop. Hahaa.. karena acara menonton di bioskop itu adalah harus mengeluarkan dana, ya untuk tiketnya, ya untuk camilannya. Belum kalau sebelum nontonnya pengen jalan-jalan dulu. Kudu ngeluarin uang untuk jajan tambahan. Yaaa..meskipun tiket nonton di 21 kalao weekdays di sini masih keitung murah, tapi karena sudah teribu-ibu nih, Mamak jadi perhitungan. Hahaa. Jadi, nonton di bioskop itu harus untuk film yang benar-benar…..bagus! Yang worthed lah gitu. Tapi ini tulisan bukan untuk ngebahas ritual nonton keluarga kami ataupun ulasan film-film “Mission  Impossible”, bukaaaan. Karena judul tulisannya juga Mission POSSIBLE, hehehee.

Lalu, ada apa dengan mission possible ini? Hmmmm… sebenarnya tugas minggu ini berhubungan dengan materi misi hidup dan produktivitas. Yes, Mamak is still finding out what exactly her mission is. Misi yang harus diemban sebagai hamba yang Allah SWT ciptakan di Bumi ini. Berhubung masih proses meraba-raba (Halaaaaah… Maaaak…), Mamak diarahkan untuk mampu mengenal, menuliskan, merencanakan, dan mewujudkan hal-hal yang pada dasarnya termasuk ke dalam ranah “Suka dan Bisa“. Kegiatan yang mampu dilakukan dengan perasaan senang sehingga seperti yang tak mengenal kata lelah ketika mengerjakan kegiatan ini. Jadi, balik lagi nih ke NHW kemarin. Mempelajari dengan benar kegiatan-kegiatan tersebut.

Setelah benar-benar yakin kalau kegiatan-kegiatan yang dituliskan masuk ke dalam kategori yang tepat, insyaAllah kita bisa merancang langkah-langkah selanjutnya: mimpi dan strategi pencapaiannya. Mimpi berhubungan dengan What do we want to BE, to DO, and to HAVE. Jadi kata kuncinya Be (menjadi), Do (melakukan), dan HAVE (mencapai). Dan… lagi-lagi Mamak keukeuh (dalam usaha menjaga ke-istiqomah-an sedari dimulainya NHW 1, hehee) memilih kegiatan “menulis” untuk diuraikan ke mimpi-mimpi dan rencana strategis untuk jangka panjang.

Be?

Ingin jadi penulis yang jago berkisah. Untuk sekarang ini mungkin masih level penulis blog yang tulisannya juga masih jarang-jarang dipublish dan sepele. Ke depannya, ingin blognya lebih kaya, lebih banyak pengunjung yang merasa kalau tulisan Mamak bermanfaat dan bisa menulis buku yang juga bermanfaat. Jago berkisah? Ya. Karena berkisah ini sangat penting agar pesan yang kita tulis atau dari tulisan yang ingin kita sampaikan bisa lebih dipahami oleh para pembaca kita. InsyaAllah nanti Mamak buat tulisan lain yang khusus mengenai berkisah.

Do?

1) Menulis. Membawa blog ini ke the next level (Cieeeeh..) dan yes, menulis buku. Mamak masih dan akan terus terinsipirasi dari kata-kata Papa, “Menulis dan terus menulis. Menginspirasi dan mengajarkan berbagai hal pada banyak orang lewat tulisanmu.” :’)

Yang ngomongnya masih inget ngga, yaaaa… Heehehee. Dan.. karena Rasulullah Saw. juga berkata bahwa sebaik-baik manusia adalah yang bermanfaat bagi manusia lain. Semoga Mamak termasuk ke dalam golongan yang dibicarakan oleh Rasulullah ini lewat tulisan Mamak.. :’)

2) Berkisah. Terutama untuk anak-anak supaya mereka terbakar selalu semangat membacanya dan keingintahuannya akan buku-buku. #JauhkanAnakDariGadget

Have?

Memiliki karya yang bisa benar-benar dinikmati dan dirasakan manfaatnya bagi banyaaaak orang. Seperti Kak Eka Wardhana atau Mr. Eric Carle yang berhasil “menyihir” kata-kata menjadi ratusan buku anak yang luar biasa. Juga memiliki anak-anak shalih shalihah yang gemar sekali membaca buku dan semangat ekspolarasi dan belajar yang tinggi. (PR besar lain menanti, Maaaakk….)

Si Do, Be, Have sudah dijabarkan. Maka selanjutnya adalah planning

1) Lifetime Purpose

  • Penulis (story writer dan storyteller)
  • Orangtua dengan anak-anak hafidz dan hafidzah
  • Yang memiliki kelebihan finansial sehingga mampu melaksanakan ibadah-ibadah seperti Haji, Umroh, dll dan menjadi donatur tetap untuk percetakan Al Quran Braile.
  • Tangan kanan suami dalam menjalankan bisnis yang dirintis bersama.

2) Strategic Plan (5 – 10 tahun ke depan)

  • Usaha bersama suami sudah berkembang pesat dan mempekerjakan banyak orang.
  • Memiliki rumah sendiri.
  • Mengikuti training kepenulisan dan public speaking.
  • Menghasilkan lebih dari 5 karya cetak (buku).
  • Mengikuti kelas belajar tahsin dan Bahasa Arab.

3) New Year Resolution

  • Membuat blog lebih dikenal oleh banyak orang dan menarik lebih banyak pengunjung untuk membaca blog.
  • Menjual lebih banyak buku dan mengedukasi para orangtua akan pentingnya membudayakan gemar membaca.
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s