Posted in IIP, Kisah Mamak

Fixing the Gear (4)

(Catatan perjalanan Mamak berkomunikasi produktif dalam keluarga)

Gambar dari Google yang sedikit diedit pake Picsart

Ini baru hari ke-4 dari total 10 hari tantangan pertama kelas Bunda Sayang sih. Tapi sepertinya untuk poin intonasi dan suara dalam berkomunikasi dengan Arsyad, secara garis besar Mamak bisa menggambarkannya dengan grafik naik seperti gambar di atas. Dan efeknya luar biasa, baik bagi Mamak, pun bagi Arsyad. Semakin hari, Mamak semakin mudah ngelemesin hati demi mengontrol intonasi. Di sisi lain, kemampuan bahasa Arsyad mengalami peningkatan yang cukup baik. Dalam satu hari, pasti ada setidaknya satu kosakata baru yang diproduksinya. Semisal hari ini, Arsyad mengubah kata “u-ush” menjadi “cucu” untuk menyebutkan “susu”.

Senang rasanya ketika Arsyad lagi-lagi mau membereskan legonya yang berserakan di kamar, sebelum dia tidur. Walaupun itu tidak terjadi pada saat insiden hujan kue tadi siang. Saat itu, Mamak sedang tilawah di kamar dan Arsyad posisinya di ruang tengah sedang makan kue yang dibekalkan oleh Nenek. Merasa ada yang tidak beres, Mamak sudahi tilawahnya dan mengecek ke ruang tengah. Di sana Mamak temukan barang bukti dan korban “kejahatan”. Hehee. Belasan kue-kue hijau berhamburan di atas karpet dengan posisi toples terjungkal, tutupnya berada jauh dari tkp. Ah, Arsyad.. masih senang dengan kegiatan menumpahkan isi wewadahan rupanya. πŸ˜€

“Arsyad.. Kok ditumpahkan kuenya, Nak?”

Arsyad sibuk mengacaukan tkp (baca: memunguti kue-kue dan memasukkannya ke dalam mulutnya).

“Nak, makannya satu satu. Ambil kuenya satu-satu.”

Arsyad masih jongkok sambil memakani kue-kue.

“Yuk, masukkan lagi kuenya ke sini.” Mamak membawa toples dan mulai memasukkan kue ke dalamnya.

“Arsyad.. ayo, bantu Mama. Masukkan kuenya, Nak.”

Dan sampai semua kue tersusun rapi kembali di dalam toples, Arsyad hanya berhasil memasukkan beberapa kue saja, ke dalam mulutnya.

Dibereskan versi Arsyad: Makan, keluarkan lagi, lalu masukkan ke dalam toples.

“Nak, ambil kuenya satu satu, ya. Tidak ditumpahkan.” Mamak menyimpan toples kue di atas meja. Saat Mamak ke dapur, kue-kue sudah nangkring lagi di luar toples, sebagian malah terjun bebas ke lantai.

“Arsyad, Mama tadi bilang apa? Kan, ambil kuenya satu-satu.” Sambil membereskan kue.

“Yuk, bereskan, yuk. Masukkan lagi kuenya.” Arsyad tetap bermain berlarian tanpa merespon ajakan Mamak.

Mamak memang tidak berhasil membuat Arsyad bertanggung jawab atas perbuatannya dengan si kue-kue itu. Tapi Mamak senang karena berhasil tetap santai menghadapi keceriaan Arsyad sesiangan tadi dan bisa mengontrol suara. Kecapekan setelah menempuh perjalanan Cimindi – Jatinangor dengan armada roda dua bermotor di tengah panas terik dan jalanan yang cukup padat, tidak malah menyulutkan api emosi Mamak. Yeay~ alhamdulillah!

Dengan Papa juga tidak ada kendala yang berarti walaupun Mamak masih belum puas dengan latihan 73855 sampai hari ini. Yang lucu adalah waktu sore tadi, Arsyad minta dibacakan buku sampai ngomel dan meremas bukunya dengan gemas karena Mamaknya fokus berbicara dengan Papa. Dia merasa terabaikan. Hehee. Mungkin itu bisa diterjemahkan bahwa ruh komunikasi MamaPapa sudah semakin membaik. ❀ Hanya saja, selepas Isya tadi Papa minta dimasakkan mie instan dan Mamak keberatan dengan alasan baru masak nasi dan pepes tahu, fresh! Sayang kalau tidak dimakan saat itu. Keberatan itu tersirat jelas dalam intonasi suara, diksi, dan bahasa tubuh Mamak. Ah, Mamak merasa begitu bersalah karena kurang bijak merespon. Yaa.. pada akhirnya dibuatkan juga sih permintaannya. Seharusnya, dari respon itu, Mamak bisa menyampaikan pesan bahwa Mamak ingin Papa mengubah kesukaannya terhadap mie dengan memilih makanan yang lebih sehat. Ah, sungguh. Kesalahan 73855 ini membuat pesan sebenarnya menjadi sulit tertangkap.

Oke, latihan lebih keras untuk 73855 bersama Papa. Ganbatte~

#level1 #day4 #tantangan10hari #komunikasiproduktif #kuliahbunsayiip

Advertisements

One thought on “Fixing the Gear (4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s