Posted in Karya Papa, Kisah Mamak

MCB Oh.. MCB

MCB alias Miniature Circuit Breaker adalah.. hmmm.. yang jelas sih kayaknya semacam stop kontak arus listrik. Klo dalam posisi ON, arus listrik masuk ke aliran rumah kita. OFF, yaa.. putus, ngga masuk, lampu ngga pada nyala. (Penjelasan dari seorang Mamak yang pernah mainin resistor dkk selama 3 tahun, 12 tahun lalu) *emoticon monyet tutup mata* Well, kata mereka-mereka yang ngerti pelistrikan sih.. MCB adalah komponen elektromagnetik dengan material terisolasi yang berfungsi sebagai saklar sirkuit yang terhubung pada komponen tersebut. Yekaaan.. mirip-mirip lah sama yang Mamak tulis di awal. Heuheuu.

Nah, sore tadi itu listrik di rumah “ngejepret” lalu terdengar bunyi aneh dari arah MCB-nya, MCB yang di dalam. Khawatir lah Mamak ada yg konslet, Mamak periksa lampu-lampu dan alat elektronik yang menyala, seadanya. Tapi kecurigaan Mamak tertuju pada lampu tengah rumah. Dipadamkan lah si lampu itu. MCB-nya bisa diposisikan ON lagi. Eh, pas Papa pulang ngejepret lagi. Kali ini, relay-nya “ngelos”. Ngga bisa diposisikan ON. Maka gelap gulita lah rumah kami.

“Dibenerin sendiri boleh ngga, ya, MCB-nya?” Tanya Papa yang entah merupakan pertanyaan pada diri sendiri, entah pertanyaan basa-basi ke Mamak. Lha wong Mamak ngga ngerti yang kayak begituan. Hehehee. Setelah nelpon Abah, nanya dan kesimpulannya mungkin boleh dihandle sendiri tanpa menghubungi PLN, cus Papa pergi ke toko alat listrik terdekat. Belakang, kami tahu kalau MCB yang di dalam rumah itu memang bisa dibetulkan sendiri. Berbeda dengan MCB yang di luar karena ada segel dan lain sebagainya yang membutuhkan pihak PLN untuk mengeksekusinya. Alhamdulillah.. katanya toko itu tutup jam 10 malam. Dimulai lah pemasangan MCB baru ini. Mamak yang lagi nguliah (baca materi dan menyimak diskusi di WAG kelas Bunda Sayang) nyambi ngasisteni Papa dengan mengambilkan alat yang diperlukan dan sesekali memegangi lighting, juga memegangi tumpukan kursi tempat pijakan Papa karena agak kurang stabil kuda-kuda kursinya (Papa sebenernya naik kursi apa kuda sih? Hahaa..). Ibu hamil cangkeul, Papa hamil (lemak) késangan. Ckckck. Hihihi.

Sesuatu banget lah malam ini. Romantis banget ya, Pap. Apalagi sebelumnya ada acara candle light dinner dulu (isi tenaga sebelum eksekusi MCB) tersebab Papa lapar sekali katanya dan makan tidak bisa ditunda sampai lampu bisa nyala.

Dan ternyata benar dugaan Mamak, yang konslet dan menyebabkan si MCB-nya rusak (selain karena ada faktor kerusakan dari dalam MCB juga) adalah lampu di ruang tengah. Karena si lampu waktu mau diambil pake tongkat heuseus-nya malah pecah si wadahnya, Papa harus mengambil lampu yang tinggal komponen-komponen dalamnya. Otomatis, harus menggunakan pijakan yang cukup tinggi untuk bisa meraih lampunya. Jarak antara lantai ke lampu itu sekitar 3 meter. Mamak menyarankan untuk mengganti lampunya besok saja, malam ini cukup sekian dan terima kasih istirahat.

Konslet yang ini bukan kali pertama yang terjadi di rumah. Pernah tahun lalu waktu rumah masih suka ada yang bocor kalau hujan turun, lampu di kamar depan dan kamar mandi konslet. Tapi untungnya si MCB ngga rusak, dia masih bisa bertahan. Kali ini, mungkin dia lelah dengan segala kekonsletan yang ada, apalagi penghuni-penghuninya yang seringkali konslet hatinya. Hiks. Astagfirullah.. 😦

Kami benar-benar beruntung malam tadi, yang rusak adalah MCB dalam. Ngga kebayang jika itu MCB luar, malam-malam harus menunggu PLN datang yang tidak bisa diprediksi seberapa cepat sedangkan kami membutuhkan aliran listrik segera untuk beberapa keperluan mendesak kami. Semisal air, karena air di tong penampungan di kamar mandi sisa sedikit lagi. Hmmm.. mungkin sepertinya jika hal itu terjadi, kami tinggal tidur, istirahat saja, ya. Biarlah HP habis baterai-nya dan menyebabkan Papa nanti berangkatnya siang, dan house cores numpuk dikerjakan siang. Ya, istirahat saja. Sesekali tanpa perlu memikirkan listrik yang berhenti mengalir…

Advertisements

One thought on “MCB Oh.. MCB

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s