Posted in Kisah Mamak

DIY Tempelan Kulkas

Well, sebenarnya niatnya sih bukan bikin tempelan buat di kulkas tapi setelah jadi kok jadi kepikiran bisa buat ditempel di kulkas juga. Hihihii.

Jadi awalnya, beberapa hari yang lalu Papa pamerin “mainan” barunya. Entahlah apa itu namanya. Karena mirip kaki gurita, ya sudah kita panggil saja dia kaki gurita. Fungsinya untuk menempelkan si telpon pintar ke media-media seperti permukaan power bank, kaca spidometer motor, dll. Kata si Papap sih, lumayan fungsional lah si kaki gurita ini. Dipamerin ke Arsyad dan kemudian ngajarin doski sifat adhesive si kako gurita dengan menempelkan hpnya ke layar tipi. Ya lalu diikutin lah sama si bocah. Ngga tahu nya, pas kali ke berapa nempelin ke layar, tetiba si kaki gurita hilang pijakan (lah, apa sih) dan jatuh ke bawah membawa serta hp Papa. Hmmmm… Mamak sarankan Papa buat beli kaki gurita baru buat dimainkan Arsyad. Daaaan.. dibelikan lah 1 yang berwarna tosca kemarin. Semalam Mamak bingung mau dibikin apaaaa itu si kaki gurita.

“Ditempel ke tutup botol yang warna-warni aja. Diguntingin gitu satu-satu kaki guritanya.” Saran Papa.

Ahtapi, Mamak belum sreg. Pasti masih ada sesuatu yang bisa dibikin selain yang diusulkan Papa. Akhirnyaaa.. baru tadi pagi deh kepikiran buat sesuatuuuu….! Yipppiii…!!

Siapkan dulu bahan dan alatnyaaaa….

  • Gambar (karena printer lagi udzur, jadi ngga bisa pakai gambar yang sesuka hati). Mamak ambil gambar-gambarnya dari kertas kado. Bisa juga lho dari majalah atau yang lainnya.
  • Kertas tebal. Tadi Mamak pakai binder separator yang sudah usang. Alternatif lain, bisa pakai kertas bekas undangan atau karton bekas kemasan makanan.
  • Si kaki gurita. Dapat ditemukan di toko aksesoris hp. Per Juli 2017, ya. Entah sampai kapan ini kaki gurita ngehits dan kemudian hilang dari peredaran.
  • Plastik laminasi.
  • Gunting. 
  • Lem kertas.
  • Mesin laminasi. Berhubung Mamak ngga punya mesin ini, jadi proses laminasi berlangsung dengan bantuan setrika dan kerudung paris. Heheheee.

Sudah siap semuanya, langsung eksekusi!

  1. Siapkan gambar yang akan menjadi objek tempelan. Lem ke atas kertas tebal lalu potong sesuai ukuran gambar.
  2. Susun dengan rapi gambar ke atas plastik laminasi. Beri jarak yang cukup antar gambar. Tutup dengan plastik laminasi pasangannya.
  3. Tempatkan gambar yang sudah berada dalam plastik laminasi ke atas alas setrika. Tutupi dengan kain dengan tingkat ketebalan hampir sama dengan kerudung paris yang dilipat dua.
  4. Gosok gambar dengan setrika. Searah dan agak sedikit ditekan. Tidak boleh bolak-balik, nantinya hasil laminasi akan menjadi kurang rapi. Selagi masih panas, rapikan hasil laminasi dengan bantuan kain (kerudung) supaya sisi-sisi yang mengelilingi gambar tertutup rapi dan sempurna.
  5. Gunting gambar yang sudah terlaminasi dan tempelkan kaki gurita di bagian belakang.
  6. Voilaaaa… mainan baru Arsyad sudah jadiiii….! 😀

Ketika diperlihatkan tempelan ini, Arsyad excited! Pertama, karena gambar-gambarnya alat transportasi kesukaannya. Kedua, karena masih kena euforia kaki gurita di hp Papanya yang bisa dicabut-tempel. 😀

Yuk, coba bikin! Mumpung si kaki guritanya masih beredar di pasaran. Hehee.
#1minggu1prakarya

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s