Posted in Family Project, IIP

Family Project : Kebun Rahasia (1)

Bulan ketiga belajar di kelas Bunda Sayang. Materinya tentang meningkatkan kecerdasan anak. All the 4: Kecerdasan intelektual, emosional, spiritual, dan menghadapi tantangan. Katanya, salah satu kegiatan yang bisa menstimulus meningkatnya keempat kecerdasan ini adalah Family project. Begitu membaca istilah ini disebut-sebut di materi, langsung kebayang yang wah, heboh, cetar, membahana dengan tingkat keruwetan yang tinggi. Tapi eh tapiiii.. ternyata begitu ditelusuri lagi materinya, justru salah satu kriteria family project ini adalah: SEDERHANA. Yes, the project must be so simple that all of the family members are able to carry it out well, and happily of course! 😀

Begitu dapet materi, langsung forward ke pak bos. Menyamakan persepsi dulu ceritanya. Dan baru sempet ngobrol lebiiiiiih merinci sesubuhan tadi, setelah sholat. Kebetulan anak bujang belum bangun jadi bisa ngobrol santai dengan leluasa. Nah, dari hasil mengingat dan menimbang berbagai faktor maka diputuskan lah family project pertama kami di bulan Agustus ini adalah: “Kebun Rahasia“.

Bahas dulu namanya, yaa. Hihi. Jadi ceritanya terinspirasi dari film anak yang dulu Mamak tonton semasa kuliah. Film adopsi dari novel anak: “Secret Garden“. Please, ini ceritanya ngga ada hubungannya sama sekali dengan drama korea yang dibintangi Hyun Bin sama Ha Ji Won, ya. Hahaa.. Kenapa kepikiran Secret Garden? Karena objek dari project kami kali ini adalah kebun mungil kami…! Dan, dikasih nama “Rahasia” karena letak si kebun yang “tidak terduga”. Iya, jadi rumah kontrakan kami itu dibangun di sebuah area bersama 3 rumah lain. Jadi mirip cluster gitu. Sementara 3 rumah lain tidak memiliki pekarangan, rumah kami punya “sayap” kanan berupa sepetak tanah berukuran kurang lebih 5 x 1,5 m.

Jika biasanya setiap aktivitas keluarga hanya duet Mamak & Papa saja, atau terjadi pembagian peran untuk handle satu pekerjaan oleh satu orang, project “Kebun Rahasia” ini akan melibatkan seluruh anggota keluarga: Papa, Mamak, Arsyad, dan dede bayik (yang masih dalam perut). Hasil dari perumusan rencana tadi pagi adalah terlihatnya tujuan kegiatan, pembagian peran tanggung jawab, gambaran umum kegiatan selama 10 hari ke depan.

Tujuan Kegiatan

Memperbanyak moment berkualitas yang dilalui bersama dalam rangka memperindah kebun agar bisa menjadi SWEET ESCAPE dan membantu menstimulus 4 kecerdasan Arsyad dan adek bayik.

Tim Pelaksana

  • Donatur : Papa
  • Perumus rencana : Papa & Mamak
  • Seksi Alih Tanam : Papa
  • Seksi Siram : Arsyad
  • Seksi Pembasmian Hama : Mamak
  • Seksi Pencarian Literatur Terkait : Mamak
  • Seksi Acara : Mamak
  • Seksi Peralatan & Logistik : Papa
  • Seksi Dokumentasi : Mamak
  • Seksi Konsumi : Mamak
  • Seksi Alarm : Adek bayik

Note: alarm di sini maksudnya yang mengingatkan Mamak ngga boleh terlalu bersemangat sampai over exhausted. Hihihii *alibi* 😀

Konsep Kasar Kegiatan

  • Day 1 : Perumusan konsep, pengenalan war field pada Arsyad dengan mengajaknya bermain di kebun, menyirami tanamannya, dan memperlihatkan beberapa objek yang bisa diamati.
  • Day 2 : Masih war field recognition sambil menyusun kegiatan tambahan yang bisa dilakukan bersama Arsyad dengan merunut kepada parameter perkembangannya (stimulus 4 kecerdasan).

  • Day 3 & Day 4. The big days. Berisi kegiatan berkebun pada umumnya: memindahkan tanaman ke pot yang lebih besar, pemupukan & penyiraman, pembersihan bagian tanaman dari hama, panen ubi ungu, penyiangan rumput liar. Diselingi 1 atau 2 kegiatan bermain untuk Arsyad.
  • Day 5 – 10 : perawatan tanaman harian diselingi 1 atau 2 kegiatan bermain untuk Arsyad.

Hari ini, alhamdulillah mau berkegiatan seperti yang sudah terumuskan. Meskipun pada saat menyiram tanaman di dekat jendela kamar depan, dia melihat Dek Akhtar dan malah berlari menghampirinya untuk mengajaknya main bersama. Hihihi.

Alat tempur baru Arsyad 😀

#Day1 #Level3 #MyFamilyMyTeam #KuliahBunsayIIP

Advertisements

2 thoughts on “Family Project : Kebun Rahasia (1)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s