Posted in Family Project, IIP

Family Project : Kebun Rahasia (5)

Tadinya karena Papa hari ini berangkat pagi-pagi sekali, si Kebun Rahasia akan hanya seputar Mamak dan Arsyad. Tak tahunya, Papa sempatkan menyiram tanaman sebelum berangkat. Menyisakan beberapa tanaman di depan rumah untuk lanjut disiram Mamak. Papa juga masih ingin ikut andil bagian di hari ini. Hihihi.

Tak banyak yang kami berdua lakukan di Senin ini. Selain menyiram tanaman yang sudah menjadi rutinitas, Mamak juga mengecek keadaan tanaman yang kemarin Sabtu dipindah-potkan. Sejauh ini, tanaman cabe rawit masih terlihat agak layu. Semoga dia bisa bertahan dan berkembang. Arsyad memberi makan ikan sebelum kami pergi jalan-jalan membeli sayuran. Pulang dari membeli sayuran, langsung mencuci tangan dan kakinya, dia duduk manis di ruang tengah menagih sendok untuk dipakai makan puding ubi yang dia beli di toko sayuran. Pudingnya dia pegang terus dari toko sampai rumah. Hihihii. Tak beberapa lama, dia terlelap. Tumben. Normalnya tidur dhuhanya sekitar jam 10 atau 11 pagi, tapi memang sedari bangun Subuh tadi Arsyad terlihat tidak sesemangat biasanya. Mungkin masih kecapean sehabis main bola di lapangan sore kemarin bersama Papa. πŸ˜€ Bangun jam 10an, minta cemilan lagi. Habis itu, Mamak ajak bermain kapur di Kebun Rahasia. Melihat kapur warnanya, dia seperti bertemu kawan yang lama tak jumpa. Walaupun kegiatan menggambarnya tidak berlangsung lama, kami (khususnya Mamak) menikmatinya. Dari moment memilih kapur, membuat gambar ular di tembok, meminta Mamak ikut membuat gambar dengan memilihkan kapurnya, sampai menyuruh ikan-ikan di kolam ikut menggambar juga! Hihihi.

“Kaaaan… ‘mbar!” Katanya sambil menghampiri kolam. Kapurnya dia taruh di atas ram kawat lalu berjongkok menunggu reaksi ikan-ikan tersebut.

“Lho, ikannya harus menggambar juga?”

” ‘Mbar..! Kaaan..!” Masih keukeuh.

“Ngga bisa gambar ikan mah, Sayang.. Hihihi. Yuk, Arsyad sama Mama aja yang gambar lagi.”

“Yuuuk…”

Ini backsound-nya Lagu “Kalau Bulan Bisa Ngomong”-nya Doel Soembang tapi digubah jadi “Kalau Ikan Bisa Gambar” πŸ˜€

Kegiatan bersama Arsyad ini masih tentang angka 1 – 10, warna, dan ciptaan Allah. Sederhana sekali memang. Mamak hanya mengulang-ulang kalimat semacam, “Ular ciptaan Allah..”, “Ikan ciptaan..?, “Pohon ciptaan..? (Dijawab Arsyad Allah) Alhamdulillah.. (Diikuti penggalan lillah-nya oleh Arsyad). Juga mengajarkannya lagu:

Satu-satu, Arsyad cinta Allah…

Dua-dua, cinta Rasulullah…

Tiga-tiga, cintaa.. al Qur’an…

Satu-dua-tiga, Arsyad anak shalih..

Alhamdulillah, Arsyad selalu mau ikut bernyanyi meski hanya mengucapkan bagian akhir tiap bait. Mamak berharap dengan seringnya informasi sederhana ini masuk ke dalam memori Arsyad, akal pikirannya akan lebih mudah mengenal, mengetahui, menganalisa ilmu tauhid nantinya. ❀

Alon-alon asal kelakon ya, Nak..

#Day5 #Level4 #MyFamilyMyTeam #KuliahBunsayIIP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s