Posted in Family Project, IIP

Family Project : Kebun Rahasia (7)

Hari Rabu, Papa libur kerja tapi tetap tidak banyak yang kami lakukan untuk proyek hari ini. Yaa.. tidak seheboh di dua Big Days hari Sabtu dan Minggu kemarin. Papa dan Mamak agak kurang fit hari ini jadi kami memutuskan hanya melakukan rutinitas harian saja dan menonton film bersama di sore hari.

Pagi ini kami mulai dengan melakukan tugas masing-masing. Arsyad memberi makan ikan, Papa memberi makan ayam dan burung, Mamak memberi minum semua tanaman.

Sampai diperhatikan apakah ikan-ikannya langsung memakan makanan yang dia berikan. 😀

Lalu Arsyad meminta bermain semprot api dan menggambar dengan kapur. Kali ini dia membuat ular, bulan dan bintang katanya. Dengan komposisi warna masih didominasi warna hijau dan bentuk masih seperti ular yang sedang menggelung. Hihihi. Usai Papa memberi makan ayam dan burung, Papa mengajak Arsyad ke lapangan RW sambil membawa bola.

“Aga..! Poiii, Papa.” Mau pergi olahraga di lapangan volley bersama Papa katanya sambil mencium tangan Mamak. Kami mengajarkan Arsyad untuk selalu pamit sebelum dia pergi meskipun hanya ke warung terdekat.

“Arsyad badé kamana?” (Mau kemana?)

“Sareng saha?” (Sama siapa?)

“Hati-hati, nya.. Cepengan tangan (…..).” (Hati-hati, ya. Pegang tangan (…/ orang yang menemani Arsyad).

“Ati.. atiiii…” Biasanya dia suka mengikuti mengucapkan kata itu setelah mencium tangan kami dan mengucapkan salam, “Akuum..!”

Nah, ketika Papa dan Arsyad menghabiskan waktu bersama berdua saja setelah beberapa hari belakangan ini Papa lembur (Pagi hanya sempat memandikan Arsyad, Papa pulang Arsyad sudah tidur pulas), Mamak membuka salon dadakan seperti yang Mamak lakukan pada tanaman Hanjuang di hari Minggu kemarin. Kali ini yang Mamak eksekusi adalah dua tanaman Cabe yang terletak di atas tempat mesin pompa air. Kalau Hanjuang penuh dengan kutu putih, hampir seluruh daun Cabe-cabe ini dihinggapi kutu kecil berwarna hitam. Ukurannya lebih kecil dari kutu putih tapi lebih bandel nempelnya. Mamak sampai mengorbankan botol semprotan pelicin pakainan untuk menyalon si cabe karena alat semprot tanaman yang kami punya ini harus dipompa berkala. Ceritanya untuk menghemat energi yang dikeluarkan dan mengefektifkan waktu. Hehehee. Kata Papa, menanam cabe memang paling challenging. Paling mudah diserang hama, semacam kutu hitam ini. Harusnya sih disemprot dengan larutan bawang, tapi karena kami tidak punya stok larutan tersebut jadilah daun cabe-cabenya cukup dibilas dengan air saja. Beberapa helai daun yang memang sudah sangat parah terkena kutunya, Mamak petik dan buang. Haaah.. setelah selesai rasanya lega mungkin selega si cabe yang berkurang rasa gatalnya dari serangan si hama-hama legam.

Selesai dengan urusan di Kebun Rahasia, Mamak pindah kerja ke dapur. Menghangatkan sayur lodeh dan membuat tempe mendoan. Arsyad dan Papa pulang dari lapangan membawa sekresek kecil “abiii..” (Surabi) jadi kami sarapan dengan surabi (yang kata Papa adalah request Arsyad yang melihat tempat penjual surabi di sebelah lapangan) featuring tempe mendoan hangat. Nyaaamm. Selesai sarapan, Arsyad dimandikan Papa dan bermain di rumah Akhtar, “Dedeee..” tetangga sebelahnya. Mamak lanjut beres-beres rumah dan Papa menjemur pakaian.

Menjelang siang, sebelum pergi ke kampus, kami bertiga istirahat bersama di kamar. Ketika Papa pergi, Mamak temani Arsyad makan dan bermain di dalam rumah saja. Sinar matahari yang sangat menyengat dan angin yang masih senang bertiup kencang menjadi salah satu alasan kami untuk melakukan indoor acitivities. Selepas Ashar, kami bertiga menonton film Walking with Dinosaurs. Binatang kesukaan Arsyad, yang membuatnya cukup anteng duduk bersama kami. Tapi kami tetap harus “heboh” mengomentari beberapa adegan atau merespon seruannya. 😀

#Day7 #Level3 #MyFamilyMyTeam #KuliahBunsayIIP

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s