Ngulik Tekno Bag. 4: ruangguru.com

Cung yang belum tahu tentang Ruangguru?

Ada yang masih belum tahu? Masa sih… Segitu brand ambassador-nya si imut Iqbaal Ramadhan, yang dulu berkiprah di dunia tarik suara bersama grup CJR, beberapa bulan lalu terpilih oleh si Surayah untuk memerankan karakter Dilan dalam film Dilan 1990?

Ini mau ngobrolin aplikasi, Iqbaal, apa Dilan sih, Mak? 😅🙈🙈

Oke, jadi segala sesuatunya tentang Ruangguru secara lengkap silakan mencari tahunya lebih lanjut di laman web-nya, ya. Mamak akan ceritakan ulasan aplikasi ini versi Mamak! Sebelum mengetahui bentuk aplikasi yang bisa terpasang di telepon pintar, Mamak mengenal Ruangguru sebagai bentuk kekinian dari program pengayaan materi sekolah atau program bimbingan belajar. Sebut saja, “Bimbel Masa Kini”. Jadi, semua kegiatan yang Mamak dulu lakukan di tempat bimbel, yang diawali dengan perjalanan panjang Jatinangor – Buah Batu (dulu jaman Mamak SD, tempat bimbel terrdekat ya di sana, katanya), bisa dilakukan hanya di depan komputer atau laptop. Tentunya dengan bermodalkan akses internet yang memadai. Kini, kegiatan bimbel ini beralih ke genggaman para siswa. Di dalam angkutan umum pun mereka bisa ber-bimbel-ria! Tinggal ambil smartphone-nya, buka aplikasi, jreng! Belajarpun dimulai. Mamak coba pilih pelatihan untuk guru. Pilihan materi belajarnya ada 3: Strategi Pembelajaran, Manajemen Kelas dan Perencanaan Kurikulum. Ketiga materi ini ada untuk semua pilihan pelatihan guru (SD, SMP dan SMA) tetapi tentu saja isinya berbeda untuk tiap jenjang. Hehee. Saat Mamak pilih kategori Umum, muncul ragam pilihan materi yang banyak sekali! Ada 10 topik yang bisa dipelajari dengan jumlah misi yang harus diselesaikan sebanyak 39! ❤

Mamak juga coba pasang dan pelajari sedikit aplikasi Ruangguru for Teachers, rasanya seperti sedang menjadi seorang pengemudi ojek daring, lho. Pengemudi yang sedang menunggu pesanan yang masuk, hihi.

 

 

 

 

 

 

 

Ruangguru menjadi aplikasi lokal terfavorit untuk Mamak sejauh ini dan Mamak sangat merekomendasikannya pada para orang tua yang memiliki anak yang berada di kelas IX sampai kelas XII. Banyak orang tua yang mengeluhkan anak-anak mereka kegiatannya tak jauh dari menggerakkan kedua jempol pada keypad dengan mata terpaku pada layar gawai mereka. Saran Mamak:

  • Disable penggunaan aplikasi Youtube pada gawai milik anak. Dengan demikian, jam menonton Youtube hanya ketika kita bisa menemani mereka seutuhnya, bisa dengan menggunakan gawai kita ataupun komputer bersama. Pastikan proses disabling ini tidak diketahui anak-anak sehingga mereka bisa mempelajarinya dan di kemudian hari berhasil mengubahnya kembali menjadi mode enable. Lasut atuh…* 😂
  • Hapus seluruh aplikasi yang tidak perlu, seperti aplikasi permainan yang hanya bersifat hiburan saja atau aplikasi nonton (iFlix, Netflix, dll) sehingga dalam gawai anak-anak hanya tersisa aplikasi bawaan dari teleponnya, aplikasi komunikasi dan aplikasi-aplikasi yang menunjang proses belajar mereka, seperti kamus, office apps, aplikasi semacam Khan Academy, TED, dan Ruangguru ini.
  • Ubah pengaturan di Play Store (jika Android-based phone) sehingga anak-anak hanya bisa mengunduh aplikasi yang memang sesuai dengan usia mereka.
  • One the second thought, mending disable saja aplikasi Play Store-nya seperti pada langkah pertama. 😅😅

 

 

 

 

 

  • Diskusikan jam gawai bersama anak-anak. Perlu diperhatikan bahwa kegiatan ini merupakan diskusi maka komunikasi yang dilakukan adalah komunikasi dua arah yang efektif, bukan metode ceramah dimana anak-anak hanya didikte begini begitu tanpa mendengar dan mencoba memahami pendapat mereka.
  • Sebisa mungkin temani anak-anak saat mereka menggunakan gawai di rumah. Sesekali, jadikan kegiatan bergawai anak-anak menjadi semacam belajar privat: kita sebagai tutor dan gawai sebagai buku pelajaran.
  • Dan yang paling penting: be there for them as often as they need, give our time and our attention as much as they want. Hal ini akan membuat mereka terlalu sibuk bersenang-senang dengan kita dan teradiksi dengan kegiatan yang dilakukan bersama kita sehingga cenderung melupakan gawai, bukan sebaliknya.

Nah, jika kita melihat jempol dan mata anak-anak sibuk dengan menjelajahi Ruangguru dan menyerap banyak ilmu pada saat gadget time mereka, bukankah itu pemandangan yang menenangkan? ❤

Overall: 🌟🌟🌟🌟🌟

#Tantangan10Hari #Level12 #KuliahBunsayIIP #KeluargaMultimedia

Advertisements

One thought on “Ngulik Tekno Bag. 4: ruangguru.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s