Make Up Hack ala Mamak

Begitu mendapatkan kabar bahwa sepupu perempuan Papa (keponakannya Mama mertua) akan melangsungkan pernikahan di penghujung 2018, Mamak langsung memikirkan berbagai strategi.

Strategi Kondangan Saudara Secara Aman dan Nyaman dengan Dua Bocah. 😂

● Strategi No. 1 : Menyiapkan dress yang “busui” friendly, simple, lengkap dengan sepatu yang tak kalah nyaman untuk dipakai dalam “adegan mengejar-ngejar dua balita yang berlarian ke sana kemari”. Buat yang terakhir ini, pilihan tentunya jatuh pada sneakers setia Mamak. 😅😅 Tak lupa, tas kecil untuk membawa dompet, sapu tangan dan make up pouch kecil jika sewaktu-waktu wajah Mamak perlu di-touch up, pun harus yang ternyaman! Mini ransel berbahan kulit berwarna beige pun menjadi pelengkap segala kesederhanaan ini.

Dress featuring sneakers? Why not? 😅

Gaun Mamak dan Adzkiya dibuat dengan kilat oleh adiknya Mama mertua. Sederhana dan sesuai kaidah-kaidah yang termaktub dalam Strategi No.1 tadi. Hehee.. Thanks berat, Bi Enok~ ❤

● Strategi No. 2 : Belajar dandan! Mamak ini jagonya modal pelembab, BB Cream sama bedakan saja. Yes, even no lipstick. Apalagi alat poles lainnya. Tapi nanti pas acara nikahan itu, Mamak ndak mau dipoles-poles oleh Make Up Artist. Karena… Mamak banyak maunya! 🙈 Isin, dong… yang hajatnya siapa, yang banyak maunya siapa. Iya, Mamak tuh urusan didandanin suka banyak request. Look- nya tidak terlalu heavy, lah.. bibir sama kelopak matanya minta diwarnai apa lah, dan yang paling penting, NO FALSE EYE LASHES. Bikin lebih cetar sih memang si bulu mata palsu ini. Tapi bagi Mamak, menempelkan bulu mata palsu itu sudah seperti sambung rambut. 😦 Kan bulu mata, rambut juga, tho?

picsart_02-16-012006367831.jpg
Meskipun hanya bermodal hack, Mamak bisa pede berfoto dengan Koordinator IP Bandung yang geulis ini~

Selain belajar mengaplikasi produk-produk make up ke wajah Mamak secara benar dan efisien, Mamak juga harus mempelajari berbagi cheat (dikira dandan ini adalah sebuah perhelatan game apa, ya!) agar kegiatan make up-an ini tidak menghabiskan banyak waktu, tampilan wajah Mamak tidak malah menjadi menyeramkan dan yang paling utama: murah meriah, mengingat prinsip efisien tadi. Berhubung Mamak tidak akan sering menggunakan produk-produk make up di kemudian hari, maka Mamak harus memilih produk yang kualitasnya cukup baik (halal, warna pigmented, cocok untuk kulit wajah Mamak, dsb) dengan tetap memperhatikan budget yang tersedia. Mamak juga skip beberapa produk yang tidak terlalu krusial buat Mamak (meskipun bagi sebagian orang mungkin esensial) seperti primer, eye brow pencil, concealer, contouring palette, bronzer/ highlighter, lip liner, dan false eye lashes. Jadi makin irit kan belanjanya!😅

Nah, kan banyak produk yang sengaja tidak dibeli tuh… Bagaimana memaksimalkan produk-produk yang ada supaya hasil riasan wajahnya tetap oke? Dipelajari lah berbagai make up hack! Di bawah ini, ada beberapa hack atau cheat dandan murah meriah tetap asik ala Mamak yang dirangkum dari sejumlah make up guru di Youtube.

  1. Skip primer, ganti dengan pelembab yang memang sudah sangat cocok di kulit Mamak. Kalau acaranya outdoor, bisa pakai sunscreen yang berfungsi ganda sebagai pelembab.
  2. Ganti foundation dengan BB cream, karena Mamak memang kurang suka heavy make up jadi pakai BB cream kesayangan yang sudah mengandung SPF yang cukup besar. Kata Christen Dominique, wanita-wanita Prancis lebih senang menggunakan BB cream ketimbang foundation. Lantas apa, Mak? Ya, ndak apa-apa sih… sebagai penguat alibi saja. Hihihi.
  3. No concealer, kenakan tambahan BB cream saja di daerah yang butuh penangangan concealing khusus. It works for me, karena alhamdulillah wajah Mamak tidak terlalu bermasalah (hanya banyak whiteheads di daerah hidung dan sekitarnya, hiks)
  4. Skip the eye brows, untuk mengurangi waktu berdandan. Mamak cukup suka dengan bentuk alis natural Mamak. Memang sih kalau dirapikan lagi dengan pensil alis, akan lebih oke. Tapi Mamak pilih punya waktu buat sarapan ketimbang waktu buat ngalis. 😂
  5. No lip liner, berarti pakai lipstick-nya harus hati-hati dan jeli.
  6. Jadikan eye shadow sebagai agen ganda: untuk contour (yang berwarna gelap dan matte) dan untuk highlight (yang berwarna cerah dan memiliki efek shimmery)
  7. Lipstick sebagai pengganti blush on, caranya tinggal tap tap tap di daerah tulang pipi lalu blend dengan menggunakak kuas untuk blush.
  8. Riasan tahan lama dengan DIY make up spray, yang hanya terdiri dari aloe vera gel dan rose water. Dicampur dengan ratio yang bisa diatur sendiri (mungkin sekitar 3 : 5) di dalam botol yang memiliki sprayer.

● Strategi No. 3 : Menyiapkan dan membawa cemilan favorit anak-anak, beberapa mainan, dan pakainan ganti sebagai antisipasi. Dan dua hal tersebut cukup membantu anak-anak agar bisa anteng beberapa saat di ruangan khusus (semacam ruangan belakang panggung yang hanya boleh diakses oleh keluarga mempelai).

Ketiga strategi ini berhasil membuat Mamak dan tiga PengejaSemesta lainnya pulang dengan damai sentosa. ❤

Banzai~

The Sopian’s Family: (Ka-Ki) Papa Irvan & Adzkiya, Mamak & Arsyad, Abah Sopian, Nenek Imas, Ateu Santi, Om Dzani & Sabiya

Ini foto waktu acara pernikahan sepupunya suami. Iya, fotonya blur. Tiga bocah dalam satu frame dan fotografernya bocah pula, bayangkan! Segitu juga udah uyuhan*

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s