Fun Ramadhan ala PengejaSemesta

Bulan April lalu di Whatsapp group Rumah Belajar DIY Toys Komunitas Ibu Profesional Bandung Mamak dan kawan-kawan pencinta mainan “bikinan sendiri di rumah” ditantang untuk merencanakan menu aktivitas Ramadhan. Anti mainstream, ya. Karena merencanakan menu sahur dan buka selama Ramadhan sudah biasa, tercetuslah ide liar luar biasa: menu kegiatan anak selama Ramadhan. 😁

Rumusan kegiatan sudah pernah Mamak tayangkan di tulisan beberapa minggu yang lalu.

Tulisannya bisa dicek di sini, yaa…

Dan sekarang sudah memasuki minggu terakhir bulan Ramadhan. (Sapu tangan mana sapu tangan… T_T) Alhamdulillah, meskipun tidak semua rencananya dapat terwujud, kami merasa gaung keagungan Ramadhan sedikitnya mengena ke diri anak-anak. It’s totally different, this month is so special. Kurang lebih begitu. Sang anak lelaki pun selalu bersemangat untuk pergi ke masjid bersama Papanya ketika adzan Isya dan Subuh berkumandang.

Bagaimana shaumnya anak-anak?

Kami berikan standing applause bagi si sulung yang mampu menahan lapar dan haus (walaupun kadang hanya sampai sekitar pukul sepuluh pagi) di usianya yang belum genap empat tahun ini. Dia mau diajak shaum saja kami senang sekali. Si batita pun alhamdulillah tidak keberatan untuk diajak makan pagi di dapur dalam rangka menghormati aa-nya yang sedang shaum.

Apakah semuanya berjalan mulus? Tentu saja tidak. 😂 Kadang ketika si sulung tak sengaja melihat adiknya makan di pagi hari, dia langsung minta buka shaum saat itu juga. Sebelum mengabulkan permintaannya, kami bujuk dulu, kami ajak dia untuk melanjutkan shaum dengan menceritakan kembali keuntungan-keuntungan yang akan dia dapat jika shaumnya dilanjutkan. Ya, kalau anaknya sudah kebelet mau bagaimana lagi? Kami memiliki tugas untuk bisa meyakinkannya bahwa shaum itu mengasyikkan. Sama halnya dengan sholat dan ibadah lainnya.

Biar Ramadhan jadi seru dan spesial dibandingkan bulan-bulan lainnya, bagaimana? Salah satunya dengan memfasilitasi anak-anak agar bisa berkegiatan yang menyenangkan. Apa sajakah itu?

  • Membuat pohon Ramadhan. Selain sebagai dekorasi untuk menyambut datangnya Ramadhan, pohon ini memiliki ceritanya sendiri!

Selengkapnya ada di tulisan yang ini, ya!

  • Mamak dan Papa berkisah. Khusus di bulan Ramadhan ini, kisahnya adalah kisah para nabi dan sahabat Rasulullah Saw. Tugas hariannya Mamak nih. Tugas Papa seminggu tiga kali, karena Papa juga harus kuliah dan kerja. Applause buat Papa yang mau ikut serta dalam proyek keluarga ini.
  • Quran based DIY Toys. Niat awalnya sih untuk memudahkan dan menambah variasi media untuk berkisah. Ternyata bisa juga digunakan untuk mengenalkan hal-hal baru. Tidak banyak mainan yang Mamak buat karena Mamak membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat satu mainan saja. Bahaya kalau Mamak terlena saat bebikinan, lupa deh sama tugas-tugas lainnya. 🙈

Cerita selengkapnya tentang seri ini bisa disimak di sini.

  • Bermain dengan huruf hijaiyah. Sebagai selingan mengaji buku iqro, dibuatlah kegiatan main yang melibatkan huruf-huruf hijaiyah. Kegiatannya sederhana saja. Misalnya, yang paling sederhana adalah menempel kertas stiker bertuliskan satu huruf hijaiyah berfathah di semua mainan mobil. Ketika si anak memainkan mobil-mobilan tersebut, kita ajak dia menyebutkan huruf yang menempel padanya. Karena keseringan, si aa sampai inisiatif sendiri menyebutkan hurufnya! Kita tinggal mengapresiasi dan mengoreksi jika perlu. Bahkan adiknya pun ikut-ikutan “menyebutkan” sambil menunjuk stiker yang ada pada mobil yang sedang dipegangnya. Stiker juga kami pasang di magnet tempelan kulkas sehingga ketika anak-anak melewatinya, mereka akan berseru, “Wah, itu huruf ja!”, dst.

Baca juga kegiatan mengenal huruf hijaiyah lainnya yang Mamak adopsi dari kegiatan dua tahun lalu di sini.

  • Melancarkan hafalan juz amma. Selain talaqqi berdua, si sulung dengan Papa atau dengan Mamak, Mamak juga biasanya mengajaknya untuk menjejerkan mainan figur binatang atau mainan mobilnya untuk dijadikan sebagai teman mengajinya. Si mainan ini seolah-olah sedang setor hafalannya padahal suaranya ya suara Mamak dan Arsyad. Sampai Ramadhan ini, kami baru mengenalkannya pada surat Al-Faatihah, An-Naas, Al-Falaq, Al-Ikhlas, Al-Fiil, Al-‘Asr dan Al-Quraisy.
“Ayo kamu coba baca surat Al-Ikhlas!”
  • Membuat buku cerita personal sederhana: Arsyad Shaum. Sebenarnya keinginan untuk membuatkan anak-anak buku cerita pribadinya sudah ada sejak si sulung masih bayi. Apa daya, baru kesampaian saat dia berusia tiga tahun lebih. Insya Allah, tahun depan kami bisa “menerbitkan” buku perdana untuk Adzkiya. ❤ Buku personal yang dicetak terbatas (hanya satu eksemplar), tidak memiliki ISBN dan merupakan koleksi pustaka PengejaSemesta, tidak akan ditemui di perpustakaan manapun. Hihihi.
  • Mengikuti pesantren Ramadhan anak. Untuk yang satu ini sebenarnya unpredictable. Alhamdulillah, ada DKM yang letaknya tidak begitu jauh dari tempat tinggal kami yang mengadakan pesantren Ramadhan untuk anak usia pra sekolah. Kami ajak Arsyad untuk ikut pesantren ini agar dia juga bisa belajar bersosialisasi. Alhamdulillah doski mau. Adiknya pun ikut antusias saat ikut mengantarkan aa-nya pesantren. Kegiatannya memang pas sekali untuk anak seusianya. Durasinya juga tidak lama, sekitar 50-70 menit.
Saat berinisiatif maju ketika Kakak mentornya meminta untuk membacakan do’a tidur.
  • I’tikaf sekeluarga. Untuk kegiatan ini, kami memilih masjid yang menyelenggarakan program i’tikaf yang letaknya tak terlalu jauh dari rumah. Pasalnya, kami merencanakan untuk start sekitar pukul sepuluh atau sebelas malam karena Papa masih belum libur kerja dan finish sekitar pukul tiga atau setengah empat karena ingin makan sahur di rumah. Dan pilihan jatuh pada masjid tempat Arsyad pesantren tempo hari.

Begitulah kurang lebih cerita Ramadhan kami. Bagaimana dengan kalian? ❤

Advertisements

One thought on “Fun Ramadhan ala PengejaSemesta

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s