Pecinta Kuliner Wajib Tahu 12 Jenis Pempek ini!

Yang hobi jajan dan coba kuliner di berbagai daerah pasti udah kenal sama makanan legend dari Palembang yang satu ini.

Tapi, seberapa kenal sih kamu sama pempek? Kemarin-kemarin Mamak coba bikin list dan ternyata sampai di angka 12 lho keanekaragaman spesies penganan berbahan ikan ini. Wow! Buanyaak, ya! Sek… sek.. Pas kamu baca tiap nomornya, apakah kamu manggut-manggut sambil bilang “Udah pernah nyobain,” atau “Udah tahu ah ini mah!”? Atau kamu malah terperangah, terperanjat, teriak histeris?

Ini baca list pempek apa lagi nonton film horror, sih?!!

Yak daripada si Mamak keburu ngalor ngidul ngga karuan, langsung simak aja daftar nama-nama pempek di bawah ini. Siapa tahu terinspirasi untuk menjadikannya nama anak di kemudian hari. Laaaahh…

1) Pempek Kapal Selam

Isinya telur ayam/bebek utuh.

2) Pempek Telor Kecil

Isinya telor yang udah dikocok. Ukurannya sekitar seperlima dari si kapal selam.

3) Pempek Lenjer

Berbetuk panjang seperti guling tanpa isian.

4) Pempek Adaan/bulat/bakso

Bentuknya bulat seperti bakso.

5) Pempek Kulit

Pempek yang satu ini berbahan baku kulit ikan. Bentuknya pipih sehingga kalau stand up comedy eh digoreng, dia jadi paling garing di antara teman-temannya.

6) Pempek keriting

Pempek ini dibuat dengan alat khusus supaya bentuknya bisa keriting nan gimbal yang hampir-hampir mau nyaingin rambut legend-nya Eddi Brokoli.

7) Pempek Pastel

Sesuai namanya, bentuk pempek ini mirip pastel. Isinya serutan pepaya muda.

8) Pempek Lenggang

Dibuat dari kocokan telur ayam/bebek yg dicampur dengan potongan pempek. Biasanya dibakar/dipanggang dalam wadah kotak dari daun pisang. Versi gorengnya juga ngga kalah sedap!

9) Pempek Tunu

Bentuknya tuh kayak sandwich cookie. Cookie kan di tengahnya selai atau krim gitu, ya. Pempek tunu juga tengahnya selai. SELAI EBI. Hehe. Selai ebinya ini diapit oleh dua pempek bulat pipih yang dibakar atau dipanggang.

10) Pempek Model

Berbeda dari saudara-saudaranya, pempek jenis ini hidroponik. Maksudnya, berkuah gitu. Hihihi. Model ini terbuat dari adonan pempek yg diisi oleh tahu (biasanya dipotong segitiga) & pas akan dihidangkan dia dibanjur siraman rohani yg menghangatkan. Eh, siraman kuah gurih maksudnya.

11) Tekwan

Konconya model nih. Sama-sama berkuah. Biasanya ada pilihan condiment mie kuning atau bihun. Sama-sama enak, sih. Apalagi kalau angin halodo udah ngahiliwir tiris. Udah paling enak menyantap tekwan, deh! Potongan timun, jamur kuping dan bawang daunnya mengiringi kuah ebi sedemikian rupa sehingga menghasilkan simfoni yang harmoni nan syahdu, menyalip suara demo perut kamu yang kukurubukan. πŸ˜‚

12) Rujak Mie

Ngga salah sih emang dikasih nama rujak. Secara cuko pempek tuh pedes, haseum, menyegarkan. Dan manis tentunya. Sajian rujak mie ini merupakan perpaduan antara potongan pempek goreng, tahu goreng, mie kuning, potongan timun, dipurulukan ebi lalu dibanjur cuko yang seuhah membahana. Beuuu… cenghar seketika ieu mah!

***

Banyak geningan ya jenis-jenis pempek teh. Kamu udah pernah nyobain yang mana aja nih? 😎

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s